Sunday, December 04, 2005

Last Day

Setelah Jam Strip terakhir kemarin yg dihadiri lebih kumplit ketimbang sebelumnya, dan meeting tadi pagi sama Chann direkturnya Reyum Art School untuk rencana kerjasama tahun depan, serta dilanjutkan shopping yang bikin nyesel kenapa aku nggak pernah bisa belanja dengan baik, maka berakhir sudah acara-acara ku selama proyek Komik Cambodia di Phnom Penh ini, tinggal bikin blog edisi Inggris nya, nah lo?

O ow, masih harus nge burn cd foto-foto dan transfer kaset mini DV ke CD, kayaknya bakalan sampe sore nih. Padahal mulai jam 5 nanti sampe malem si John dan anak-anak sudah merancang sejenis acara perpisahan yang dinamai "farewell boat trip for Beng'' menyusuri sungai. Aduuh jadi terharu.

boat mugshot

Wah.. entah kapan lagi bisa dapat kesempatan sebaik ini, meskipun masih banyak kurang nya dari aku pribadi (kayak nggak bisa maksimal gitu loh), ah.. semoga yang bisa nerusin acara kayak begini bisa lebih baik dari yang aku bikin.

Btw, aku harus berterimakasih sama Arts Network Asia yang mensponsorin semuanya, John Weeks yang nggak ada matinya untuk komik dan rumahnya nya yang aku berantakin, Samphors sang asisten, Jane yang kantornya jadi berantakan juga, Vuth asisten yang sekaligus jadi guide, Linda atas tempat dan hadiahnya, Dana atas kesempatan presentasinya di Java Cafe, Rattana, Channsamphors yang ngajarin Khmer letter dan makanan di Lire en fete, serta semua seniman Kamboja dan negara lain; Sasha, Stephen dll, KBRI Phnom Penh, Pak Dubes, Mbak Novi, Mas Wahyu, Vannak, Mas Dimas Harry, Maher dll. Juga untuk Lulu Ratna my 'manager', Aie atas big support dan translating nya, Zarki my roomate, all the film maker dan komikus yang mengizinkan karyanya untuk screening dan pameran, Depbudpar atas`rekomendasi bebas fiskalnya hehehe... dan semua yang terlibat langsung atau tidak langsung pada proyek ini.

Sampai Ketemu lagi di Comic Travelling berikutnya!
Insya Allah

Saturday, December 03, 2005

Capek

Sbaek Thom Dec 02
Siem Reap, ternyata bener-bener nggak nyesel disempet-sempetin waktu buat dateng ke kota ini, gila, keren banget! Terutama, karena kompleks candi nya (Angkor Wat), campuran budaya Hindu dan Buddha. Tapi hanya 3 candi yang sempet dikunjungin, karena tau sendiri lah... komplek segitu luasnya dengan candi segitu banyaknya, akhirnya aku hanya memilih candi yang mudah dijangkau dan unik aja.

Malemnya kita nonton wayang, ya persis seperti wayang kulit, pake layar dan wayangnya dari kulit, bedanya wayang disini nggak diwarna dan pementasannya di kombinasikan dengan tarian manusia.

Sbaek Thom 02 Dec 02
[Cambodian Living Arts]
Pulangnya, aku sempetin mengunjungi rumahnya sasha, seorang seniman dari Inggris yang sudah 5 tahun tinggal di Kamboja.

Sekarang aku di Phnom Penh, udah nggak bisa nulis banyak, capek. Baru nyampe dari Siem Reap jam 2 siang, trus pulang, makan dan ngenet. Sore nanti ada Jam Strip terakhir di Book Federation. Aduh Capek nih, kapan belanja nya...? hehehe

jam session 03

Friday, December 02, 2005

Foto Siem Reap

elephant crossing

Srah Srong
Srah Srong 01 Dec 02Srah Srong 02 Dec 02


Ta Phrom
Ta Phrom 01 Dec 02Ta Phrom 03 Dec 02

Ta Phrom 05 Dec 02Ta Phrom 13 Dec 02

Angkor Wat
Angkor Wat 01 Dec 02Angkor Wat 04 Dec 02

Bayon
Bayon 02 Dec 02Bayon 01 Dec 02

Tags: ,
,,